Cara ampuh memperbaiki chipset vga pada laptop

Advertisement
Pada artikel sebelumnya saya pernah membahas tentang cara untuk memperbaiki blank screen pada laptop. Namun dari banyaknya pengunjung yang singgah di artikel saya tadi dan kebanyakan kerusakan yang dialami oleh pembaca terletak pada chipset vga. Sehingga saya berpikir mungkin artikel saya kurang begitu bisa membantu karena cara mengatasi masalah pada chipset vga tidak saya bahas pada artikel tersebut.

Untuk itu muncul inisiatif dari saya untuk memberikan tutorial tentang cara memperbaiki chipset vga pada laptop yang mengalami blank screen.

Adapun ciri ciri kerusakan chipset vga pada laptop yang mengalami blank screen adalah sebagai berikut :
  1. Ketika menekan tombol power  hanya pada lampu indikator power saja yang menyala. Sedangkan kipas tidak berputar sama sekali.
  2. Ketika menekan tombol power  indikator power menyala tetapi kipas berputar sangat lambat kemudian setelah beberapa detik atau menit kipas berputar sangat cepat kemudian kembali lagi menjadi lambat.
  3. Ciri ciri yang ketiga ditandai dengan laptop tidak bisa masuk ke bios,  jika biasanya kita bisa masuk bios dengan cara menekan tombol delete atau f2 setelah power dinyalakan. tetapi pada laptop yang mengalami kerusakan pada chipset vga tidak bisa masuk bios dan hanya terjadi seperti ciri ciri nomor 1 dan 2.
  4. silahkan baca juga ciri-ciri chipshet vga laptop yang lemah bisa kalian baca di artikel ini.

Yang diperlukan untuk memperbaiki kerusakan pada chipset vga :
  • Mental,  karena chipset vga terletak di dalam laptop tepatnya berada di motherboardnya.  Maka memerlukan mental yang kuat untuk membuka laptop dan mengeluarkan motherboardnya.
  • Hot air gun, ini digunakan untuk memanaskan chipset vga. Jika tidak ada kalian bisa menggunakan hair dryer,  jika memang tidak ada hot air gun dan hair drayer  menggunakan lilin pun bisa tetapi perlu kehati-hatian karena salah salah bisa membakar  motherboardnya.
  • Thermal pasta, digunakan untuk menggantikan pasta yang telah kering atau hilang ketika melepaskan headsink.

  • Bongkar dan keluarkan motherboard dari dalam laptop.
  • Lepaskan headsink dan kipas pendingin nya. lihat gambar :
Memperbaiki chipshet vga pada laptop
Posisi chipshet VGA biasanya terletak pada gambar yang ditunjuk anak panah
  • Ada dua bagian yang hampir mirip, yaitu prosesor dan chipset vga. Jangan salah ya, chipset vga contohnya seperti gambar dibawah ini :
Memperbaiki chipset vga pada laptop
Chipset VGA radeon
Memperbaiki chipset vga pada laptop
Chipset VGA Nvdia
  • Panaskan chipset vga menggunakan  hot air gun,  hair drayer  atau bisa menggunakan lilin dengan durasi 5 menit,  setelah itu pasang dan coba nyalakan laptop.  Jika belum berhasil coba panaskan kembali dengan durasi antara 5 sampai 10 menit dan seterusnya hingga berhasil.
NB : jika kalian menggunakan lilin atur jaraknya kira kira 1 jengkal.  Jika menggunakan hair drayer  arahkan pada chipset vga dengan jarak kurang lebih 5cm.


catatan : cara memperbaiki chipset vga yang saya ajarkan di atas adakalanya berhasil dan ada juga yang mengalami kegagalan. Perlu diingat kerusakan jenis ini diakibatkan karena memang chipset vga sudah lemah sehingga kalau cara tersebut tidak berhasil, jalan satu satunya yaitu dengan mengganti chipset vga ke tukang servis terdekat. Untuk biaya biasanya di kisaran 400 sampai 700 ribu rupiah tergantung dari jenis dan  tipe chipset nya.

sekian semoga bermanfaat,  salam darah mudah.

15 Responses to "Cara ampuh memperbaiki chipset vga pada laptop"

  1. keren gan informasinya sangat membantu sekali
    ini gan kalau mau servis laptop,jual beli laptop dan cari sparepart laptop ada https://laptopbekasjogja.wordpress.com/

    ReplyDelete
  2. Kalo vga muncul tampilan artefak cara memperbaiki nya gimana?

    ReplyDelete
  3. Terima Kasih Atas Tekhniknya Bang...
    10000000% Done...Berhasil Dengan Sempurna...
    inshaa Allah Berkah...
    Salam Dari Kota Palu

    ReplyDelete
  4. Saya udah praktekin gan dan berhasil... tetapi sekarang problem lagi... saya ulangi lagi ga berhasil... laptop HP probook 4421s menggunakan hair dryer yg di ikatkan kertas alumunium foil di ujungnya supaya hot airnya fokus (alumunium foilnya dibikin seperti corong)

    ReplyDelete
  5. itu penyebnnya kenapa ya gan?
    trus supaya apa di panasin gitu

    ReplyDelete
  6. http://haloserviceac.blogspot.co.id/2016/12/service-ac-ciputat.html?m=0

    ReplyDelete
  7. mas yang saya ko setelah isntall driver vganya malah jadi ngerestart terus ya sebelum masuk windows tuh, tapi ketika saya coba install ulang tanpa menginstall driver vganya lancar-lancar aja masuk windows sampai ke layar dekstop. Apa penyebabnya? apa vganya bermasalah?

    ReplyDelete
  8. Vga ente chipset nya mati, sama kaya kasus ane kalo driver vga di instal pasti restart melulu, Chipset nya itu gan

    ReplyDelete
  9. bisa juga dilihat sini gan untuk cara memperbaiki vga rusak dan bergaris pada komputer di artikel ini Cara Paling Gampang Memperbaiki VGA Rusak,mati,bergaris dan artifak 100% work

    ReplyDelete
  10. Cara melepaskan iMac A1312 vga graphic card dengan mudah

    http://zapplerepair.com/cara-melepaskan-iMac-A1312-vga-graphic-card-mudah.html

    ReplyDelete
  11. Kelemahan Macbook Pro yg bypass vga hanya pakai Intel graphic
    http://zapplerepair.com/kelemahan-Macbook-Pro-yg-bypass-vga-hanya-pakai-Intel-graphic.html

    ReplyDelete